November 26, 2021

5 Ciri-ciri Toxic Relationship ! Apa itu Toxic Relationship ?

Gak cuma terjadi antar sepasang kekasih, Toxic Relationship tapi juga bisa dialami oleh hubungan lain seperti keluarga, rekan kerja, dan lain sebagainya. Hal ini bisa berakibat fatal buat kondisi fisik maupun psikologis.

GENMILENIAL.COM – Toxic relationship adalah sebuah kondisi dimana kamu punya hubungan gak sehat dengan orang lain. Gak cuma terjadi antar sepasang kekasih, Toxic Relationship tapi juga bisa dialami oleh hubungan lain seperti keluarga, rekan kerja, dan lain sebagainya. Hal ini bisa berakibat fatal buat kondisi fisik maupun psikologis.

Dalam ranah percintaan, toxic relationship sangat banyak bentuknya. Pacaran memang gak selamanya indah. Tapi, kalau pacaran lebih banyak derita daripada bahagianya, mungkin ada yang salah dengan cara kamu menjalin hubungan tapi kamu gak bisa mengakhiri. Bisa jadi juga hubungan yang kamu lakukan gak sehat atau biasa disebut toxic relationship.

Menjalani hubungan yang toxic akan melelahkan secara fisik dan emosional. Kalau kamu sudah mendeteksi tanda-tandanya, bicarakan baik-baik dengan pasangan. Perbaiki selagi masih bisa. Kalau gak, tinggalkan saja. Demi kebaikan dan kebahagiaan bersama.

Read juga Sob : Pentingnya Financial Checklist untuk Masa Depan ! Apa itu Financial Checklist ? Bagaimana Cara Membuat Financial Checklist ?

Ketahui ciri-ciri toxic relationship lainnya yang mungkin kamu gak sadari sebelumnya. Apa saja ?

1. Gaslighting

Gaslighting membuat kamu mempertanyakan pemikiran kamu sendiri. Saat kamu berpikir pasanganmu yang salah dan gak pengertian. Dia akan berusaha meyakinkan bahwa justru kamulah yang demikian.

Mereka pandai memanipulasi dan mencari simpati. Pada akhirnya, tanpa perlu disalahkan, kamu sudah merasa paling bersalah duluan.

2. Posesif

Ada saja orang yang ingin selalu mengendalikan pasangan. Kamu dikekang. Dilarang bersosialisasi. Gak boleh ketemu orang lain selain pasangan.

Apalagi ketemu lawan jenis. Dia bakal cemburu buta. Pasangan merasa punya kendali atas hidup kamu.

Read juga Sob : Cara Self Reward untuk Diri Sendiri Penting untuk Motivasi Loh ! Apa itu Self Reward ? Cari Tahu Yuk Sob

3. Gak bisa jadi diri sendiri

Kalau pasangan sudah berhasil mengendalikan kamu, bukan gak mungkin kamu akan kehilangan jati diri. Kamu gak bisa melakukan apa yang kamu inginkan. Kamu seperti boneka.

Padahal, walaupun kamu sudah punya pasangan atau berkomitmen pada suatu hubungan. Kamu tetap berhak atas diri kamu sendiri.

4. Sulit dihargai

Apresiasi itu penting. Kamu dan pasangan mesti saling menghargai perbedaan pendapat atau usaha satu sama lain. Jangan sampai salah satu merasa gak dihargai dan berjuang sendiri.

Read juga Sob : Cara Hemat yang Salah dan Harusnya Tidak Dilakukan oleh Sobat Genmil agar Tidak Mubajir

5. Menjadi beban finansial

Kamu harus waspada kalau pasangan mulai sering pinjam uang. Walaupun kamu sedang gak punya uang, tapi tetap maksa buat cari pinjaman. Lama-kelamaan, pasangan hanya akan jadi beban finansial.

Hal ini gak bisa kamu diamkan. Supaya gak jadi beban finansial, kamu dan pasangan sebaiknya punya simpanan masing-masing. (*/BNC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *