December 1, 2021

Cara Mengatur Keuangan yang Pas-pasan secara Baik dan Benar

Bagi penghasilanmu dalam persentase 50/30/20. Gunakan 50% untuk memenuhi kebutuhan seperti belanja bulanan, transportasi, dan lain sebagainya.

GENMILENIAL.COM РJika pengeluaran gak dikontrol, maka kekayaan gak akan bertahan lama. Cepat atau lambat, uang tersebut akan habis.

Sebaliknya, meskipun punya uang sedikit tapi kalau paham cara mengelola keuangannya, Sobat Genmil bisa hidup dalam kecukupan atau lebih untuk waktu yang lama.

Mengatur uang ada seninya. Berikut ini 5 cara mengatur keuangan yang baik dan benar walau pas-pasan :

Read juga Sob : Cara Menabung yang Aman untuk Kebebasan Finansial

1. Membuat anggaran keuangan setiap bulan

Anggaran keuangan menjadi semacam peta bagi kita untuk mengatur keuangan. Pantau setiap transaksi. Catat pemasukan dan pengeluaran dalam sebulan secara detail.

Dengan begitu, kita akan lebih mudah melihat bagaimana gambaran keuangan. Selain itu, lakukan review anggaran setiap bulan. Mana pengeluaran yang sepertinya kurang efektif.

2. Terapkan rumus 50/30/20

Bagi penghasilanmu dalam persentase 50/30/20. Gunakan 50% untuk memenuhi kebutuhan seperti belanja bulanan, transportasi, dan lain sebagainya.

Persentase 30% dipakai untuk self reward misalnya traveling atau beli action figure. Sedangkan 20% sisanya, boleh kamu simpan untuk tabungan, investasi, dana darurat, dan lain sebagainya.

Read juga Sob : Pernah Dengar Latte Factor ? Apa itu Latte Factor ? Jangan Sampai Terjebak, Ini 3 Cara Mengatasi Latte Factor

3. Ketahui skala prioritas

Kita sering terjebak dalam menentukan barang mana yang benar-benar kita butuhkan. Maka, kita harus membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Mana kebutuhan yang penting dan mana yang bisa ditunda

4. Buat tujuan finansial

Set tujuanmu dengan detail dan spesifik. Apakah kamu mengumpulkan uang untuk beli rumah, pensiun, investasi, atau buka usaha sendiri.

Kalau perlu, Sobat Genmil tentukan juga nominal serta deadline uang tersebut harus terkumpul. Tujuan yang jelas akan memotivasi untuk mengatur uang dengan lebih baik.

5. Cermat kelola pinjaman

Batasi pinjaman di beberapa instrumen tertentu yang terpercaya. Jangan terlalu banyak mengambil pinjaman. Apalagi jumlahnya melebihi pendapatan. Perhatikan juga apakah pinjaman yang kamu ambil itu membantu atau malah menambah beban keuangan. (*/BNC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *