December 2, 2021

Cara Self Reward untuk Diri Sendiri Penting untuk Motivasi Loh ! Apa itu Self Reward ? Cari Tahu Yuk Sob

Self reward adalah segala hal tentang menenangkan diri dan membuat batin bahagia dengan cara positif. Selama hal ini dapat membuatmu bahagia, self reward juga termasuk bentuk penghargaan diri. Jangan lupa memberikan penghargaan dan cintai dirimu, ya!

GENMILENIAL.COM – Sudah sepantasnya Sobat Genmil mendapat self reward. Ini merupakan wujud apresiasi dan cinta pada diri sendiri.

Self reward tidak hanya berbentuk ucapan selamat, namun juga bisa berupa sesuatu yang kamu inginkan seperti barang, liburan, atau makanan.

Self reward adalah segala hal tentang menenangkan diri dan membuat batin bahagia dengan cara positif. Selama hal ini dapat membuatmu bahagia, self reward juga termasuk bentuk penghargaan diri. Jangan lupa memberikan penghargaan dan cintai dirimu, ya!

Meski terlihat sepele, sebenarnya self reward sangatlah penting untuk dilakukan.

Berikut ini alasan mengapa self reward penting dilakukan :

Read juga Sob : Cara Hemat yang Salah dan Harusnya Tidak Dilakukan oleh Sobat Genmil agar Tidak Mubajir

1. Bentuk penghargaan kerja keras yang telah kamu lakukan

Anggap saja self reward sebagai hadiah atas kerja kerasmu selama ini karena sudah menyelesaikan semua pekerjaan dengan baik. Bentuk self reward yang bisa kamu lakukan seperti belanja, jajan enak, baca buku, pergi ke konser, dan aktivitas seru lainnya yang bisa kamu gunakan untuk bersenang-senang.

Kamu juga bisa ambil cuti dan menyiapkan rencana liburan untuk me-time sejenak. Pergi ke tempat yang selama ini kamu inginkan. Nikmati jerih payahmu selama ini, kamu berhak bahagia kok!

Read juga Sob : Cara Mengatur Keuangan yang Pas-pasan secara Baik dan Benar

2. Menjaga motivasi dan semangat

Menghargai diri sendiri dengan self reward sangat penting dan dibutuhkan agar kamu tetap bertahan ketika pekerjaan berat dan melelahkan datang.

Karena self reward bisa menjadi penyemangat agar tetap termotivasi memberikan yang terbaik. Kamu memiliki alasan hidup yang bisa membuatmu terpacu untuk menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal

3. Baik bagi kesehatan mental dirimu

Jangan sampai kamu mengalami kelelahan fisik bahkan mental hingga terjadi burnout. Selain gak baik bagi pekerjaan karena hasilnya menjadi kurang maksimal, ini juga berpengaruh untuk kesehatan mental.

Untuk itu, self reward sangat penting karena bisa menjadi sarana pelepas stres agar kesehatan mental tetap terjaga. Manjakan diri dengan melakukan self reward untuk melepas penat atas pekerjaanmu.

Read juga Sob : Cara Menabung yang Aman untuk Kebebasan Finansial

Cara Self Reward Diri Sendiri

Bagaimana cara melakukan self reward dengan bijak tanpa membahayakan isi dompet? Nih, tips-tipsnya, Sobat Genmil :

1. Melakukan self reward bukan karena gengsi

Jangan sampai melakukan self reward hanya untuk gengsi. Contohnya memaksakan liburan ke tempat yang mahal padahal gak sesuai isi dompetmu demi memenuhi gengsi dan konten Instagram Stories.

Karena memenuhi omongan orang gak bakal ada habisnya. Lakukan self reward murni demi kebahagiaan diri sendiri.

2. Harus bisa membatasi diri

Jangan sampai dengan embel-embel self reward, kamu kalap dalam menghabiskan uang. Kamu harus bisa membatasi diri, jangan sampai pemikiran ‘mumpung self reward’ jadi alasan kamu membeli barang-barang yang tidak berfaedah.

Read juga Sob : Pernah Dengar Latte Factor ? Apa itu Latte Factor ? Jangan Sampai Terjebak, Ini 3 Cara Mengatasi Latte Factor

3. Mengeluarkan uang untuk self reward dengan budget yang sudah disiapkan secara khusus

Nah, agar tidak mudah kalap saat melakukan self reward, sangat penting untuk menyiapkan dana khusus self reward dan pisahkan dengan kebutuhan lainnya agar tidak tercampur.

Kalau bisa, simpan dana self reward ini di rekening lain. Pastikan kebutuhan pokokmu sudah tercukupi ya. (*/BNC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *