November 29, 2021

Pernah Dengar Latte Factor ? Apa itu Latte Factor ? Jangan Sampai Terjebak, Ini 3 Cara Mengatasi Latte Factor

Parahnya, kita mungkin gak merasa karena berpikir uang yang keluarkan gak seberapa. Tapi, kita lupa, uang kecil tersebut yang punya peluang untuk jadi besar dan merugikan. Ketidaksadaran dalam menghabiskan uang dengan nominal sedikit namun sering ini akan membuat boros.

GENMILENIAL.COM – Latte factor adalah perilaku dimana seseorang menghabiskan uangnya untuk sesuatu yang kecil dengan intensitas yang tinggi. Semua pengeluaran kecil namun sering yang kamu lakukan termasuk dalam latte factor. Bahkan untuk belanja tisu atau parkir sekalipun.

Jika melihat dari harga, memang murah. Namun, saat dilakukan secara terus-menerus dan dihitung kembali. Maka, sebenarnya kita mengeluarkan uang yang cukup besar. Dimana uang tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan lain.

Parahnya, kita mungkin gak merasa karena berpikir uang yang keluarkan gak seberapa. Tapi, kita lupa, uang kecil tersebut yang punya peluang untuk jadi besar dan merugikan. Ketidaksadaran dalam menghabiskan uang dengan nominal sedikit namun sering ini akan membuat boros.

Read juga Sob : 5 Ide Bisnis untuk Anak Muda ! Generasi Milenial Bisa Coba Bisnis Modal Kecil, Semangat Ya Para Pejuang Cuan

Lalu, bagaimana kalau sudah terlanjur terjebak latte factor? Tenang saja, Sobat Genmil masih bisa mengatasinya.

Nah, ada cara mengatasi latte factor pada keuangan supaya gak jadi kebiasaan berikut ini:

1. Evaluasi keuangan

Lakukan evaluasi keuangan setiap bulan supaya kamu bisa tahu kesalahan dalam keuangan kamu. Kemana saja perginya uangmu? Hal mana yang kira-kira terlalu banyak menghabiskan uang dan bisa ditekan?

Dengan begitu, kamu bisa mengkaji ulang dan membuat strategi yang lebih matang dalam mengelola pengeluaran.

2. Menentukan prioritas

Biasanya latte factor terjadi pada hal kecil yang sebenarnya gak terlalu penting. Tapi, kamu masih bisa hidup tanpa hal tersebut.

Lakukan penyesuaian dengan menganti pengeluaran untuk hal kecil dan kurang penting tersebut dengan sesuatu yang lebih kamu butuhkan.

Read juga Sob : Cara Daftar Ajaib Sekuritas Pakai Kode Saham Gratis bori871, Modal Rp 10 Ribu Sudah Bisa Beli Saham

3. Mengubah kebiasaan

Hal ini memang sulit dilakukan. Tapi, kebiasaan inilah yang membuat pengeluaran untuk hal kecil jadi besar. Yuk, latihan untuk mengubah kebiasaan yang bisa berdampak buruk tersebut. Konsumsi apapun secukupnya dan seperlunya.

Hati-hati dengan latte factor. Meskipun terlihat kecil dan sepele, tapi dampaknya cukup besar bagi keuangan. Biasakan catat pemasukan dan pengeluaran supaya keuangan kamu jadi lebih transparan. (*/BNC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *