November 29, 2021

Jangan Sibuk Kerja, Ini 5 Cara Mengatur Hobi agar Tidak Mengganggu Pekerjaan ! Hobi Bisa Jadi Cuan Loh Sob

Hobi bisa menjadi salah satu solusi menghilangkan stres dari rutinitas pekerjaan. Bahkan jika ditekuni dengan baik, hobimu bisa jadi cuan tambahan.

GENMILENIAL.COM – Sobat Genmil, jangan remehkan hobi yang kamu punya, sempatkanlah waktu untuk menekuninya. Karena hobi adalah bentuk pengalihan terbaik untuk rehat sejenak dari rutinitas pekerjaan.

Hobi bisa menjadi salah satu solusi menghilangkan stres dari rutinitas pekerjaan. Bahkan jika ditekuni dengan baik, hobimu bisa jadi cuan tambahan.

Bagi mereka yang bekerja, sering kali kesulitan membagi waktu antara kehidupan pekerjaan dan pribadi. Rutinitas pekerjaan serta urusan dengan pasangan dan keluarga, membuat waktu terasa berjalan begitu cepat, sehingga meluangkan waktu untuk hobi saja tidak sempat.

Read juga Sob : Cara Sukses dalam Hidup ! Belajar dari Kebiasaan Orang-orang Hebat Yuk

Berikut ini beberapa tips mengatur waktu bagi kamu yang ingin melakukan hobi di tengah kesibukan kerja. Cuan dan hobi jadi bisa jalan bersamaan!

1. Buatlah skala prioritas pekerjaan

Tentunya setiap orang memiliki beban pekerjaan yang berbeda-beda, ada yang mudah dan ada yang juga susah dikerjakan karena membutuhkan waktu untuk menyelesaikannya. Ada yang penting dan mendesak, ada juga yang tidak.

Untuk itu, buatlah skala prioritas pekerjaan terlebih dahulu. Karena hal ini akan memudahkan kamu untuk memilih pekerjaan apa saja yang paling penting dan bisa dikerjakan terlebih dahulu, sehingga gak akan memakan banyak waktu. Pekerjaan cepat selesai, hobi jadi gak terbengkalai, deh.

Read juga Sob : 5 Ciri-ciri Toxic Relationship ! Apa itu Toxic Relationship ?

2. Buat to-do list

Setelah mengerti pekerjaan mana yang harus diprioritaskan untuk diselesaikan, selanjutnya adalah buatlah to-do list. Ini adalah catatan mengenai apa saja pekerjaan yang harus diselesaikan, bisa ditulis di buku catatan atau di ponsel kamu. Setelah selesai, kamu bisa beri tanda untuk lanjut ke pekerjaan selanjutnya.

Di sini bisa terlihat apakah kamu punya waktu senggang untuk melakukan hobimu atau tidak. Membuat to-do list juga bisa sebagai pengingat agar tidak ada pekerjaan yang terlewat.

3. Maksimalkan waktu yang ada

Saat hidup sudah dipenuhi kesibukan bekerja, tentu waktu yang dimiliki untuk melakukan hobi tidak bisa ideal lagi. Jadinya kamu harus pintar mencari waktu senggang meskipun itu singkat.

Jika dalam sehari kamu bisa meluangkan waktu selama 1-2 jam saja itu sudah sangat baik, maksimalkan waktu yang ada. Meski waktu terbatas, namun tetap berkualitas.

Komunikasikan juga dengan keluarga dan pasangan jika waktu luangmu mungkin hanya di weekend saja, agar tidak terjadi prahara. Karena kamu malah fokus menyalurkan hobi dan mengorbankan kebersamaan keluarga di akhir pekan.

Read juga Sob : Tips Menabung Uang Receh Logam di Rumah ! Jangan Anggap Remeh, Sudah Banyak Kisah Inspiratif

4. Hindari menunda pekerjaan

Menunda pekerjaan menjadi musuh terbesar dalam mengatur waktu. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, maka segala to-do list yang seharusnya cepat diselesaikan, malah jadi berantakan.

Biasakan disiplin, karena semakin kamu menunda pekerjaan, waktu luangmu untuk melakukan hobi semakin lama tertunda. Bikin stres ganda!

5. Lakukan pekerjaan dan hobi sesuai porsi waktunya

Kamu tentunya memiliki tanggung jawab utama sebagai seorang pekerja. Tanggung jawab inilah yang harus kamu pegang selama melakukan pekerjaan.

Jangan sampai pekerjaan utama terbengkalai dan tidak maksimal karena kamu terlalu bersemangat dalam melakukan hobimu. Atur waktu dengan baik agar keduanya bisa berjalan dengan selaras.

Sesibuk-sibuknya kamu bekerja, pasti ada jadwal yang selalu kamu taati dalam bekerja. Bagilah jadwal yang kamu punya sebijak mungkin agar nantinya tetap ada waktu untuk melakukan hobi, sehingga tak terbuang untuk hal percuma. (*/BNC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *