January 19, 2022

Cara Menabung 50 Juta Setahun untuk Generasi Milenial ! Anak Muda Mari Merapat

Dari seluruh pemasukan yang kamu terima, bagi menjadi 3 bagian besar yaitu 50 persen untuk kebutuhan harian dan tagihan wajib, 30 persen untuk hiburan, dan 20 persen untuk tabungan atau investasi. 

GENMILENIAL.COM – Sobat Genmil, bisa dibilang cara mendapatkan uang 50 juta dengan cepat gak akan gampang.

Perlu kerja keras dan keberuntungan. Tapi, tetap bisa diusahakan loh.

Asalkan konsisten, kamu bisa mencapai 50 juta dengan cepat melalui tips berikut ini :

Read juga Sob : Cara Keluar dari Zona Nyaman agar Lebih Berkembang dan Sukses

1. Buat Perhitungan

Sederhananya, ketika 50 juta dibagi 12 bulan, seenggaknya kamu harus menyisihkan 4,2 juta setiap bulannya. Kamu juga mesti memikirkan darimana sumber dana tersebut.

Apakah cukup hanya dari gaji bulanan yang sudah dipotong biaya kebutuhan harian? Kalau kurang, berarti kamu mencari cara untuk mendapatkan uang tambahan untuk sampai pada target. 

Read juga Sob : Jangan Sibuk Kerja, Ini 5 Cara Mengatur Hobi agar Tidak Mengganggu Pekerjaan ! Hobi Bisa Jadi Cuan Loh Sob

2. Gunakan Rumus Menabung 50/20/30

Metode ini diperkenalkan oleh Senator Elizabeth Warren melalui buku yang berjudul “All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan”. Cara kerja cukup simpel.

Dari seluruh pemasukan yang kamu terima, bagi menjadi 3 bagian besar yaitu 50 persen untuk kebutuhan harian dan tagihan wajib, 30 persen untuk hiburan, dan 20 persen untuk tabungan atau investasi. 

Mari kita coba  lakukan hitung-hitungan menggunakan rumus 50/20/30 untuk pendapatan 10 juta.

Penghasilan bulanan:  25.000.000

Kebutuhan harian dan tagihan wajib: 50% x 25.000.000 = 12.500.000

Hiburan: 30% x 25.000.000 = 7.500.000

Tabungan atau investasi: 20% x  25.000.000 = 5.000.000

Jumlah tabungan dalam setahun: 5.000.000 x 12 (bulan) = 60.000.000

Berdasarkan hitung-hitungan di atas, berarti kamu bisa mengumpulkan 50 juta dalam setahun. Dengan catatan, penghasilan bulanan kamu mencapai 25 juta untuk bisa mencapai target menggunakan metode 50/20/30. 

Read juga Sob : Cara Menabung yang Aman untuk Kebebasan Finansial

3. Tekan Pengeluaran

Kalau mengacu pada rumus di atas, penghasilan bulanan kamu setidaknya sebesar 25 juta. Padahal mungkin penghasilan kamu gak segitu besarnya. Sedangkan kamu punya target mengumpulkan uang 50 juta dalam setahun.

Tapi, jangan menyerah dulu, coba kurangi pengeluaran yang dirasa kurang perlu. Lakukan penghematan ekstra. 

Kurangi  jajan dan nongkrong. Biasanya kamu nongkrong bisa seminggu 2 kali dengan estimasi biaya yang dikeluarkan buat beli makanan dan minuman di café sebesar 400 ribu. Jadikan kegiatan nongkrong cuma 1 kali seminggu dengan biaya 200 ribu. Maka, kamu menghemat 800 ribu. 

Membawa bekal dari rumah juga sangat efektif untuk menghemat pengeluaran makan siang. Rata-rata biaya makan siang karyawan selama sebulan sekitar 1 juta.

Dengan bawa bekal sendiri, paling sedikit, kamu bisa hemat sampai dengan setengah jatah uang makan siang bulanan.

Read juga Sob : Cara Self Reward untuk Diri Sendiri Penting untuk Motivasi Loh ! Apa itu Self Reward ? Cari Tahu Yuk Sob

4. Kerja Sampingan

Sudah menghemat sebanyak mungkin tapi masih belum bisa sampai target? Berarti kamu gak bisa hanya mengandalkan gaji bulanan sebagai sumber utama.

Cari kerja sampingan yang bisa menghasilkan uang. Misalnya, jadi penulis online, buka online shop, jadi dropshipper, dan lain sebagainya. 

5. Garage Sale

Jual barang-barang yang masih layak tapi gak digunakan. Daripada mengendap di rumah, lebih baik kamu jual yang menghasilkan uang.

Saat ini barang preloved juga banyak peminatnya. Jangan takut gak ada yang beli karena pasarnya sudah ada. Kamu tinggal mulai aja. 

Read juga Sob : Cara Sukses dalam Hidup ! Belajar dari Kebiasaan Orang-orang Hebat Yuk

6. Gunakan Aplikasi Pengatur Keuangan

Fokus mengumpulkan uang untuk mencapai target jangan sampai jadi buat keuangan berantakan. Pakai aplikasi pengatur keuangan di ponsel.

Catat setiap pemasukan dan pengeluaran. Dengan demikian, catatan keuangan terekam rapi dan terorganisir. 

7. Gunakan Tabel Menabung 50 Juta dalam Setahun

Kamu bisa berkreasi dengan membuat tabel tabungan yang bentuknya semacam permainan Bingo. Tulis nominal uang dalam tabel.

Kemudian kalau kamu menabung, misalnya kamu menyisihkan 20 ribu, maka coret angka 20 dalam tabel tersebut. Kegiatan ini menjadi cara menabung yang unik dan bikin semangat. 

Read juga Sob : Cara Mengatur Keuangan yang Pas-pasan secara Baik dan Benar

8. Cari bank yang memberikan bunga tabungan tinggi

Rata-rata, bank memberikan bunga tabungan sebesar 0,25% hingga 2% saja per tahun. Meskipun bunga tabungan dikenal kecil, tapi ada bank yang menawarkan bunga tabungan di atas rata-rata. jadi, kamu gak hanya mengandalkan setoran uang tabungan saja. Kamu bisa menikmati lebih banyak uang dari bunga yang besar. (*/BNC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *