Agustus 8, 2022

Apa itu Shibori ? Sama dengan Teknik Tie Dye, Bagaimana Proses Pembuatan Shibori ?

Motif yang dihasilkan dari teknik Shibori sering disebut sebagai batiknya Jepang. Karena pola atau motifnya memang menyerupai batik dari Indonesia.

GENMILENIAL.COM РTie dye merupakan teknik pewarnaan pakaian dengan cara diikat kemudian dicelupkan ke pewarna. Di Jepang, teknik yang hampir sama tersebut disebut Shibori.

Motif yang dihasilkan dari teknik Shibori sering disebut sebagai batiknya Jepang. Karena pola atau motifnya memang menyerupai batik dari Indonesia.

Apa itu Shibori?

Shibori adalah sebuah teknik dalam membuat ragam hias pada kain yang berasal dari Jepang. Kata Shibori berasal dari Shiboru. Artinya menekan atau memeras.

Menurut halaman Shibotik, meskipun shibori termasuk kedalam golongan khusus dalam teknik pencelupan tekstil, tetapi pengertiannya lebih menekankan pada pekerjaan yang dilakukan pada bahan lembaran kain serta proses untuk memanipulasi bahan kain.

Biasanya teknik lain menghasilkan permukaan dua dimensi, shibori dapat menghasilkan bentuk tiga dimensi dengan cara dilipat, dipilin, dijahit, dijalin, ditarik dan dipelintir.

Bentuk akhir bahan dengan menggunakan metode ini didapat dengan beberapa cara lain, yaitu dengan cara mengikat dan membuat simpul.

Read juga Sob : Cara Menabung 1 Juta Sebulan untuk Pelajar ! Bagaimana Tipsnya ?

Proses Pembuatan Shibori

Untuk dapat menghasilkan kain dengan motif yang cantik dengan teknik Shibori membutuhkan beberapa proses. Caranya dengan membuat ikatan-ikatan kecil.

Kemudian diikat dengan bentuk pola-pola tertentu. Lalu diikat dengan menggunakan benang yang kedap air dan dicelupkan dengan pewarna alam atau sintetis.

Setelah itu, kain melalui proses difiksasi agar warnanya bisa melekat. Tahap terakhir adalah melepas seluruh ikatan dan pencucian agar menghasilkan warna yang bagus dan kuat.

Uniknya, setiap ikatan menghasilkan berbagai macam bentuk pattern atau pola-pola yang beragam.

Kalau proses tersebut diulang dengan cara yang sama, hasilnya akan tetap berbeda. Disinilah keunikan dan kelebihan kain Shibori. Bentuk, motif, corak selalu memberikan tampilan yang sangat berbeda padahal tekniknya sama. (*/BNC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.