November 29, 2021

Pentingnya Financial Checklist untuk Masa Depan ! Apa itu Financial Checklist ? Bagaimana Cara Membuat Financial Checklist ?

Bersikaplah realistis tentang membuat budget atau anggaran. Banyak orang cenderung membuat budget yang terlalu longgar atau terlalu ketat, padahal anggaran keuangan seharusnya jelas dan realistis.

GENMILENIAL.COM – Dengan faktor motivasi manusia yang cenderung berubah-ubah, serta beragam biaya tak terduga yang muncul tiba-tiba setiap tahunnya, sangat mudah untuk jatuh ke dalam kebiasaan keuangan finansial yang buruk. Ini membuat tujuan finansial yang sudah kamu buat semakin menjauh.

Untuk itu diperlukan financial checklist. Financial checklist adalah sebuah cara mudah untuk mengelola keuangan yang dapat membantumu mencapai tujuan finansial.

Supaya bisa meraih kesuksesan finansial yang lebih baik, berikut ini beberapa hal yang bisa Sobat Genmil lakukan dalam melakukan financial checklist untuk memperkuat keuangan masa depan :

1. Lunasi utang yang dimiliki

Coba evaluasi kembali pengeluaranmu selama ini apakah ada yang mengganjal, seperti pengeluaran KPR, kartu kredit, cicilan, dan pinjaman lainnya.

Jangan sampai utang menumpuk banyak, coba lunasi utang yang dimiliki secara bertahap. Ini adalah cara mudah mengawali financial checklist.

Read juga Sob : Cara Self Reward untuk Diri Sendiri Penting untuk Motivasi Loh ! Apa itu Self Reward ? Cari Tahu Yuk Sob

2. Buatlah budget atau anggaran

Bersikaplah realistis tentang membuat budget atau anggaran. Banyak orang cenderung membuat budget yang terlalu longgar atau terlalu ketat, padahal anggaran keuangan seharusnya jelas dan realistis.

Jika kamu ingin segera mencapai tujuan keuangan yang telah dibuat, maka membuat budget akan membantumu untuk fokus dan dapat diselesaikan secara bertahap sedikit demi sedikit, untuk menciptakan kebiasaan keuangan yang lebih baik.

Read juga Sob : Cara Hemat yang Salah dan Harusnya Tidak Dilakukan oleh Sobat Genmil agar Tidak Mubajir

3. Lacak pengeluaran kamu

Sudah berapa kali kamu jajan boba atau ngopi cantik dalam bulan ini? Berapa barang di keranjang belanja online yang sudah kamu checkout? Apakah ada biaya berlangganan streaming musik dan film yang jarang dipakai?

Melacak pengeluaran sangatlah penting dan menjadi hal termudah untuk melakukan financial checklist.

Bisa dengan mencatat manual di buku catatan atau dengan bantuan aplikasi penganggaran dan tabungan yang praktis, cobalah memulai untuk bertanggung jawab dengan uang yang dimiliki dan mulailah melacak pengeluaran kamu.

Read juga Sob : Cara Mengatur Keuangan yang Pas-pasan secara Baik dan Benar

4. Pertimbangkan tujuan finansial yang telah ditetapkan

Seberapa besar atau kecil tujuan finansialmu nantinya, tetapi tujuan keuangan harus realistis dan harus menyertakan rencana tabungan.

Ini penting untuk memberikan gambaran umum yang berguna tentang ke mana perginya uang, dan seberapa besar kamu dapat mengurangi pengeluaran.

Kamu dapat membuka rekening tabungan khusus dan mengatur transfer dana otomatis untuk membantumu melakukan financial checklist.

Read juga Sob : Pernah Dengar Latte Factor ? Apa itu Latte Factor ? Jangan Sampai Terjebak, Ini 3 Cara Mengatasi Latte Factor

5. Menyiapkan dana darurat

Buatlah dana darurat atau tingkatkan tabungan dana darurat yang dimiliki. Tidak ada yang menginginkan keadaan darurat apapun bentuknya, jadi penting untuk bersiap menghadapi kebutuhan yang tidak direncanakan dengan membuat dana darurat.

Dana darurat minimal sejumlah pengeluaran selama tiga sampai enam bulan. Jadi, misalkan pengeluaran perbulan Rp2 juta, maka dana darurat yang harus dimiliki adalah sebesar Rp6-12 juta.

Dana darurat penting jika kamu mengalami keadaan darurat seperti PHK atau penyakit yang membuatmu tidak dapat bekerja.

Read juga Sob : Cara Menabung yang Aman untuk Kebebasan Finansial

6. Pertimbangkan untuk siapkan dana pensiun

Kehidupan seperti apa yang kamu impikan untuk masa tua nanti? Ingatlah bahwa menyisihkan uang secara teratur untuk dana pensiun, meskipun pada awalnya jumlahnya kecil, dapat benar-benar terbayar seiring waktu.

Tentukan berapa banyak yang mungkin perlu kamu tabung setiap bulan untuk mencapai tujuan pensiun yang diinginkan.

Read juga Sob : Tips Menabung Uang Receh Logam di Rumah ! Jangan Anggap Remeh, Sudah Banyak Kisah Inspiratif

7. Tinjau kembali tagihan yang ada

Pikirkan tentang pengeluaran harian, mingguan dan bulanan kamu, dan evaluasi kembali apakah ini kebutuhan atau keinginan. Setelah mulai melacak tagihan, akan terlihat biaya apa yang menjadi pengeluaran terbesarmu.

Jadi, periksa semua tagihan dan pengeluaran rutin untuk menemukan cara terbaik untuk menghemat lebih banyak uang.

8. Ubah layanan perbankan

Kamu dapat menemukan layanan yang lebih murah jika kamu bisa meluangkan waktu untuk riset.

Carilah bank dengan bunga yang lebih baik, serta layanan yang aman dan nyaman dengan biaya administrasi dan biaya transfer yang lebih rendah. Ini akan membuatmu menyimpan lebih banyak uang di rekening bank. (*/BNC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *