November 29, 2021

Cara Keluar dari Zona Nyaman agar Lebih Berkembang dan Sukses

Tetap berhati-hati, karena berada di zona nyaman justru bisa membuatmu kehilangan kesempatan berharga yang seharusnya bisa kamu raih.

GENMILENIAL.COM – Banyak orang merasakan nikmatnya berada di comfort zone atau zona nyaman, sehingga memilih untuk tetap bertahan, dalam hal apapun.

Tetap berhati-hati, karena berada di zona nyaman justru bisa membuatmu kehilangan kesempatan berharga yang seharusnya bisa kamu raih.

Dengan mencoba untuk keluar dari zona nyaman, hidupmu akan berubah menjadi lebih berkembang.

Read juga Sob : Cara Self Reward untuk Diri Sendiri Penting untuk Motivasi Loh ! Apa itu Self Reward ? Cari Tahu Yuk Sob

Nah, biar tidak semakin terjebak dan bisa meraih kesuksesan, berikut ini beberapa cara keluar zona nyaman :

1. Buat rencana dan tujuan karier yang jelas

Membuat rencana dan tujuan karier yang jelas dapat membantumu meninggalkan zona nyaman secara bertahap dan mengendalikannya dengan baik.

Saat membuat rencana tersebut, kamu harus benar-benar memahami apa yang ingin kamu tuju, bagaimana melakukannya, dan risiko-risiko yang akan dihadapi nanti.

2. Evaluasi dan introspeksi diri

Coba cari tahu hal apa yang membuat kamu merasa ragu dan takut. Tanamkan ke dalam pikiranmu bahwa rasa takut untuk keluar dari zona nyaman akan membuatmu tidak pernah berkembang.

Kamu bisa mengintrospeksi dirimu terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mengenali alasan yang membuatmu ragu dan takut tersebut.

3. Temukan tantangan baru

Saat berada di zona nyaman, biasanya kamu akan merasa ahli dan jago, tidak perlu mempelajari hal lain dan mencari tantangan baru. Padahal ini kesalahannya.

Apapun yang kamu lakukan akan terasa hambar jika kamu terlalu lama membiarkan diri tanpa tantangan dan target baru dalam hidup.

Untuk itu, coba picu semangat juang dalam hidup dengan segera tentukan target dan tantangan baru.

Read juga Sob : Jangan Sibuk Kerja, Ini 5 Cara Mengatur Hobi agar Tidak Mengganggu Pekerjaan ! Hobi Bisa Jadi Cuan Loh Sob

4. Mulai dari hal kecil

One step at the time, mulailah perubahan dalam segala bidang yang ingin kamu perbaiki dengan melakukan hal-hal kecil. Perubahan ini tidak bertujuan untuk mengubah kepribadian, namun untuk mencari suasana baru supaya tidak bosan.

Dengan membiasakan diri berubah untuk hal-hal kecil, kamu menjadi siap dan terlatih ketika menghadapi perubahan besar dalam hidup.

5. Memperluas ilmu, wawasan, dan networking

Ketika kamu memilih untuk meninggalkan zona nyaman atau comfort zone, bukan berarti kita serta merta langsung memutuskan untuk meninggalkan apapun yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilakukan saat ini.

Kamu harus memikirkan apakah sudah memilih ilmu, jaringan, dan wawasan yang tepat. Karena saat memutuskan untuk keluar, baik itu keluar dari pekerjaan atau keluar dari zona nyaman, kamu akan berhadapan dengan dunia yang berbeda.

Read juga Sob : Pentingnya Financial Checklist untuk Masa Depan ! Apa itu Financial Checklist ? Bagaimana Cara Membuat Financial Checklist ?

6. Cari lingkungan yang kondusif dan mendukung

Agar usahamu untuk keluar zona nyaman bisa berhasil, kamu juga perlu dukungan dari orang di sekitarmu. Bisa dari teman, sahabat, dan keluarga.

Dengan berteman dan memperoleh dukungan dengan mereka yang satu visi misi untuk keluar dari zona nyaman, maka kamu akan lebih terpacu untuk ikut juga.

7. Hadapi rasa takut yang dimiliki

Supaya berhasil keluar dari zona nyaman, kamu harus berani untuk menghadapi rasa takut yang dimiliki.

Memang, saat pertama kali melakukannya, perubahan tampak menakutkan. Tapi saat sudah berhasil melakukannya, ternyata keluar dari zona nyaman tidak semenakutkan yang dikira. (*/BNC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *