Agustus 11, 2022

5 Alasan Pentingnya Investasi dan Menabung Mulai dari Sekarang

Bisa saja hari ini hidup berkecukupan, namun di minggu selanjutnya atau di keesokan harinya berubah 180 derajat, gaji tinggi yang kamu miliki bisa saja hilang karena tiba-tiba terkena PHK atau terpotong setengah karena dampak pandemi korona, atau bahkan perusahaanmu ternyata bangkrut. Amit-amit!

GENMILENIAL.COM – Ketika pemasukan bertambah bukan berarti pengeluaranmu juga harus bertambah. Apapun yang sedang kamu lakukan saat ini pasti butuh motivasi kuat yang datang dari dalam diri sendiri, termasuk motivasi menabung dan berinvestasi. Abaikan gengsi dan optimis wujudkan mimpi.

Menghabiskan uang untuk senang-senang lebih mudah daripada menyimpan uang untuk tujuan keuangan di masa depan. Setuju?

Sebenarnya banyak impian yang ingin diwujudkan, namun nyatanya kesadaran untuk membangkitkan motivasi menabung dan investasi selalu tak terealisasi.

Coba tanyakan ke diri sendiri, sudahkah kamu mengelola keuangan dengan baik? Sudahkah kamu memiliki nilai ideal untuk dana darurat dan investasi?

Read juga Sob : Cara Hemat Langganan Streaming Berbayar ! Sobat Genmil, Jangan Sampai Pengeluaran Bulanan Membengkak Ya

Jika kamu mengalami kesulitan untuk memulai menabung dan investasi, kini saatnya untuk sadar.

Berikut ini situasi yang bisa membuat motivasi menabung dan investasi kamu makin meningkat :

1. Ingat bahwa roda kehidupan selalu berputar

Jika situasi finansial kamu saat ini penuh dengan kemudahan, maka bersyukurlah, ingatlah bahwa kamu gak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di lain hari.

Bisa saja hari ini hidup berkecukupan, namun di minggu selanjutnya atau di keesokan harinya berubah 180 derajat, gaji tinggi yang kamu miliki bisa saja hilang karena tiba-tiba terkena PHK atau terpotong setengah karena dampak pandemi korona, atau bahkan perusahaanmu ternyata bangkrut. Amit-amit!

Jadikan ini sebagai motivasi menabung, ingatlah bahwa roda kehidupan tidak selalu sama. Selalu berputar.

Coba pikirkan jika kamu tiba-tiba kehilangan pekerjaan dan pendapatan berkurang? Cukupkah uang tabungan dana darurat dan investasi?

Biasakan diri untuk mulai menabung dan investasi. Tidak perlu langsung memulai dengan nominal yang besar, sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit kalau kamu konsisten dan disiplin.

Read juga Sob : Cara Daftar Ajaib Sekuritas Pakai Kode Saham Gratis bori871, Modal Rp 10 Ribu Sudah Bisa Beli Saham

2. Agar selalu siap jika mengalami kejadian tak terduga

Banyak hal yang bisa terjadi di luar kendali kita, sakit, kecelakaan, kebakaran, dan lain-lain. Tentu itu semua membutuhkan uang yang tidak sedikit.

Bayangkan seperti apa nasib kamu, jika tidak memiliki uang tabungan sepeser pun ketika musibah datang?

Sudah saatnya kamu punya kesadaran dan membiasakan diri untuk menggunakan gaji bulanan dengan bijak, caranya kurangi belanja konsumtif dan hindari berutang. Kalaupun ada utang, segera lunasi.

Jangan lupa untuk mempersiapkan dana darurat serta mempertimbangkan asuransi, seperti asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan dan jiwa, juga asuransi pendidikan kalau kamu sudah punya anak.

Read juga Sob : Apakah Neo Bank Berbahaya ? Jawabannya Tidak ! Ada Izin OJK, Segera Download Aplikasi Neo Bank untuk Klaim Saldo Gratis dan Kupon Experience Neo Bank 10 Juta

3. Ingat tujuan keuangan kamu di masa depan

Tumbuhkan motivasi menabung kamu dengan cara mengingat tujuan keuangan di masa depan. Misalnya, kamu ingin punya rumah, buka usaha, traveling, atau menunaikan ibadah haji/umrah.

Apapun tujuan keuangan kamu, yakinlah bahwa suatu hari kamu bisa mewujudkan impianmu. Naik haji contohnya, atau investasi saham atau reksadana yang tujuannya untuk jangka panjang.

Mulai rencanakan dari sekarang. Kuncinya, tetap disiplin dan konsisten demi mewujudkan impian kamu. Amin!

Read juga Sob : Cara Bahagia dengan Gaya Hidup Sederhana ! Ubah Mindset, Salah Besar Kalo Dibilang Pelit

4. Bahagia finansial di hari tua

Jika kamu masih sulit untuk memunculkan motivasi menabung dan investasi, cobalah ingatlah hal ini. Jika nanti apabila memasuki masa pensiun, kamu ingin hidup seperti apa? Sudah cukupkah uang pensiun kamu?

Jangan sampai kamu merepotkan anak untuk membiayai hidup kamu di hari tua.

Udah nggak jamannya lagi jadi sandwich generation, jadi mulailah mempersiapkan masa tua mulai hari ini dengan memiliki dana pensiun yang cukup supaya di masa tua nanti kamu bisa tetap bahagia karena finansial tercukupi.

Untuk itu, tidak ada salahnya kalau mau mulai memilih instrumen investasi yang sesuai untuk mempersiapkan dana pensiun. Bisa berupa saham, reksadana, atau tabungan emas.

Read juga Sob : Cara Menabung 50 Juta Setahun untuk Generasi Milenial ! Anak Muda Mari Merapat

5. Menabung dan investasi akan buatmu kaya

Jadi kaya raya bisa menjadi motivasi menabung dan investasi yang bisa kamu tanamkan dalam diri. Ada banyak contoh orang sukses yang berhasil kaya raya berkat investasi.

Untuk itu, jangan ragu untuk punya tabungan dan investasi. Keuntungan investasi memang tidak bisa dirasakan dalam sekejap.

Butuh waktu dan kesabaran untuk memetik hasilnya. Bicara soal hasil, jangan gampang tergiur dengan investasi bodong yang menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat. (*/BNC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.