January 19, 2022

Cara Bahagia dengan Gaya Hidup Sederhana ! Ubah Mindset, Salah Besar Kalo Dibilang Pelit

Memaksakan diri mengikuti gaya hidup orang lain hanya akan menyusahkanmu, apalagi kalau tidak diimbangi dengan kemampuan finansial yang mumpuni.

GENMILENIAL.COM – Gaya hidup sederhana adalah kebiasaan seseorang untuk berperilaku sesuai kebutuhan dan kemampuannya.

Sayangnya, masih banyak yang beranggapan bahwa cara ini identik dengan sifat kikir alias pelit. Padahal, itu salah besar. Pada kenyataannya, tenyata ada juga loh orang yang berkecukupan dan berkelimpahan harta namun tetap hidup sederhana.

Mereka tidak ingin terlihat kaya di hadapan orang lain. Cara hidup sederhana lebih mengutamakan kebutuhan primer yang disesuaikan dengan kemampuan finansial. Hidup sederhana adalah mindset dan pilihan.

Read juga Sob : Cara Menabung 50 Juta Setahun untuk Generasi Milenial ! Anak Muda Mari Merapat

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu terapkan. Yuk, disimak!

1. Hindari gaya hidup konsumtif

Menahan diri dari gaya hidup konsumtif itu harus. Sebab, cara ini mengajakmu untuk memiliki sesuatu atas dasar keinginan semata, dan bukan kebutuhan.

Contohnya, beli es boba dan croffle. Apakah itu bisa membuatmu kenyang? Ada nggak makanan lain yang lebih sehat dan bikin perut anteng? Perlu nih mengeluarkan uang Rp 50 ribu untuk jajan padahal nasi padang Rp 20 ribu aja udah bisa bikin begah?

Coba deh jawab dulu pertanyaan semacam ini. Sah-sah aja punya keinginan jajan cantik, tapi nggak perlu tiap hari juga, kan!

Read juga Sob : Cara Keluar dari Zona Nyaman agar Lebih Berkembang dan Sukses

2. Jangan memaksakan diri untuk hidup seperti orang lain

Memaksakan diri mengikuti gaya hidup orang lain hanya akan menyusahkanmu, apalagi kalau tidak diimbangi dengan kemampuan finansial yang mumpuni.

Mungkin kamu bisa saja mengikuti gaya orang lain. Tapi untuk apa susah payah membeli barang branded yang sebenarnya tidak sesuai kantongmu? Apakah sepadan hidup “mewah” tapi melulu mengandalkan fasilitas pay later?

Ketimbang termakan keinginan dan gengsi untuk mengikuti gaya hidup yang tidak sesuai kemampuan, kamu bisa menggunakan uangmu untuk ditabung atau investasi.

Read juga Sob : Jangan Sibuk Kerja, Ini 5 Cara Mengatur Hobi agar Tidak Mengganggu Pekerjaan ! Hobi Bisa Jadi Cuan Loh Sob

3. Fokus pada pencapaian pribadi, bukan orang lain

Bagaimanapun juga, kamu sebaiknya tidak membandingkan pencapaianmu dengan orang lain karena kalian pasti punya struggle dan kondisi yang berbeda.

Yang paling penting adalah bagaimana kamu bisa terus berproses dan memperbaiki diri dari waktu ke waktu.

Dengan cara pandang, kamu nggak perlu terlalu ngoyo ingin menjadi seperti si A atau si B. Karena yang lebih baik adalah be the best version of yourself.

Read juga Sob : Pernah Dengar Latte Factor ? Apa itu Latte Factor ? Jangan Sampai Terjebak, Ini 3 Cara Mengatasi Latte Factor

4. Rajin sedekah

Walaupun hidup sederhana, bukan alasan untuk tidak berbagi dengan orang yang membutuhkan. Pola hidup sederhana bukan berarti pelit.

Dengan begitu, rezeki yang kamu dapatkan di kemudian hari akan diridhoi oleh Sang Pencipta. Memberi sedekah juga bisa memberikan rasa lega dan tenang kepada diri sendiri, lho!

Read juga Sob : Tips Menabung Uang Receh Logam di Rumah ! Jangan Anggap Remeh, Sudah Banyak Kisah Inspiratif

5. Singkirkan pengeluaran kecil yang tidak diperlukan

Pengeluaran seperti bujet nongkrong bersama teman atau belanja baju bulanan mungkin dapat dikurangi. Namun ternyata pengeluaran kecil seperti berlangganan terlalu banyak layanan streaming sering kali terus berjalan tanpa disadari,

Ternyata, kamu gak benar-benar butuh dan bahkan tidak sempat menggunakannya.

Begitu juga dengan pengeluaran kecil, seperti jajan-jajan cantik untuk beli es kopi, boba, croffle, dan lain sebagainya. Ada baiknya untuk mulai memerhatikan pengeluaran seperti itu.

Read juga Sob : Cara Hemat yang Salah dan Harusnya Tidak Dilakukan oleh Sobat Genmil agar Tidak Mubajir

6. Memiliki tabungan dan investasi yang cukup

Punya gaya hidup sederhana bukan berarti tak punya apa-apa sebagai aset. Sebab menabung dan berinvestasi bisa membantumu memenuhi kebutuhan di masa yang akan datang serta mempertahankan valuasi harta yang dimiliki.

Ada banyak cara yang bisa kamu coba, misalnya investasi emas, saham, reksa dana, hingga deposito. Sesuaikan aja sama kemampuan dan kebutuhanmu.

Itulah beberapa tips dan cara menerapkan gaya hidup sederhana. Apakah kamu tertarik untuk memulai menjalani cara hidup sederhana di atas?

Percaya deh, punya banyak uang dan hidup sederhana tidak akan mengurangi kebahagianmu. Justru bisa makin happy!. (*/BNC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *