6 Anime Ini Pernah Tayang di TV Indonesia, Tapi TERLUPAKAN!

Kamu adalah generasi milenial pecinta anime sejati jika masih ingat dengan 6 anime di bawah ini.

1

Mulai dari Generasi Milenial atau Generasi Y, Generasi 90-an, sampai Generasi Z atau yang lahir di atas tahun 1995, jujur saja kalian pasti sangat menyukai film kartun, terutama adalah Anime, kartun yang berasal dari Jepang. Meski katanya anime sebenarnya ditujukan bagi anak-anak, namun sampai dewasa pun terbukti masih banyak yang suka dengan anime.

Sejak pertengahan tahun 90an, film kartun di Indonesia berkembang sangat pesat, banyak anime yang masuk ke TV Indonesia. Dan bahkan dulu di hari minggu itu ada kartun minggu pagi, yang isinya semua film-film kartun.

Serial anime yang paling populer hingga saat ini adalah Naruto. Selain itu mungkin saja One Piece atau Captain Tsubasa, tapi tetap kalah populer dengan Naruto. Dan hingga saat ini Naruto masih menjadi serial anime paling populer di Indonesia.

Tapi sebenarnya dulu itu ada banyak sekali serial anime yang pernah ditayangkan di TV Indonesia. Tapi karena tidak sepopuler Naruto, mungkin beberapa serial anime ini terlupakan. Setidaknya ada 6 film kartun jepang / anime yang pernah menghiasi layar kaca Indonesia namun banyak dilupakan oleh masyarakat Indonesia. Apa saja anime tersebut?

1 Shurato

anime yang terlupakan

Dulunya anime Shurato, atau orang Indonesia menyebutnya dengan Shulato ini tayang setiap hari minggu di Indosiar jam 6.30 pagi. Mungkin kalian yang pecinta kartun minggu pagi sedikit ingat dengan tagline “Shulato Si Raja Shula”. Jadi anime ini total hanya memiliki 38 episode untuk serialnya, dan itu semua pernah tayang di TV Indonesia. Lalu ada juga versi OVA-nya berjudul Shurato: Dark Genesis yang hanya memiliki 9 episode.  Anime yang hampir sejenis dengan Saint Saiya ini mungkin terlupakan karena kalah pamor dengan Doraemon, Power Rangers, atau Dragon Ball yang juga berada di kartun minggu pagi saat itu.

2 Teko… teko ajaib…

anime yang terlupakan

Anime ini sebenarnya berjudul Time Quest atau dikenal juga dengan nama Time Travel Tondekeman, atau juga Time Trouble Tondekeman. Nah, teko ajaib itu adalah tagline dari anime ini. Anime yang satu ini tergolong anime komedi karena ceritanya yang lumayan kocak. Anime ini dulunya tayang di Indosiar pada jam 13.30 WIB dan tayang setiap hari senin-jumat. Yang jelas sekarang sudah tidak ada karena sekarang adanya sinema pintu taubat.

3 Ronin Warriors

Yoroiden samurai troopers

Sebenarnya anime ini memiliki judul asli Yoroiden Samurai Troopers, namun saya tulis Ronin Warriors agar mudah diingat. Jadi anime yang satu ini menyajikan beberpa hal yang mirip dengan super hero Jepang berjenis Super Sentai. Dulu itu anime ini juga pernah tayang di Indosiar. Tapi nampaknya tidak sukses, karena lagi-lagi kalah pamor dengan Power Rangers dan Dragon Ball. Kalau sekarang jelas kalah pamor dengan Dangdut Academy.

4 Mojacko

anime yang terlupakan

Kalau anime yang satu ini memang judulnya Mojacko. Anime ini tidak mampu bersaing dengan Doraemon dan Pokemon karena memiliki cerita dan genre yang hampir sama. Mojacko pernah tayang di Indosiar tapi juga tidak lama, karena kalah pamor dengan Doraemon dan Pokemon yang sampai tahun 2016 ada game-nya yang begitu viral.

5 Born to Cook

anime langka

Lagi-lagi judul di atas saya tulis bukan judul anime ini sebenarnya, biar lebih mudah diingat. Sebenarnya anime ini judulnya adalah Mister Ajikko. Namun Born to Cook lebih familiar karena TV Indonesia saat itu memperkenalkan anime ini dengan nama Born to Cook. Anime ini juga merupakana salah satu yang pernah tayang di kartun maraton minggu pagi di Indosiar. Tapi entah kenapa anime ini tidak sesukses Dragon Ball yang bisa bertahan sampai beberapa tahun.

6 Kickers

Kickers

Dari gambar dan judulnya saja pasti kalian tahu kalau anime ini menceritakan tentang sepakbola. Ceritanya hampir mirip dengan Captain Tsubasa, karena sama-sama menceritakan tentang sepakbola. Sebenarnya judul asli dari anime ini adalah “Ganbare, Kickers!”, tapi karena orang Indonesia sukanya yang simple-simple, makanya yang terkenal cuma kata belakangnya saja. Anime ini dulunya tayang di Indosiar pada tahun 1995-1997. Tapi mungkin tidak suksesnya anime ini adalah karena kalah pamor dengan Captain Tsubasa yang memang sudah terkenal ketika itu.

Jika dihitung, ada banyak sekali anime Jepang yang pernah tayang di Indonesia. 6 serial anime di atas itu hanya beberapa yang mungkin sudah tidak diingat oleh anak 90-an, karena saking banyaknya anime, atau pikirannya Naruto dan Naruto mulu. Selain dari 6 anime di atas, apalagi sih judul anime yang tidak terlalu terkenal tapi kalian ingat? Tulis di komentar yaa…~ Tengkyu.

1 Komentar
  1. Putu Weda Santika

    Sekedar mau menambahkan 🙂
    7. Dragon League
    8. Tico & Friends
    9. Speed Racer
    10. Web Diver
    11. Ranma 1/2
    12. Zoids
    13. Kekkaishi

Komentarin Dong :)

Ayo komentar! Demi perkembangan GenMilenial