Wibu Zaman Now Tidak Merasakan Apesnya Pecinta Kartun 90’an Ini

Meskipun dunia tv dulu dikuasai kartun dan anime, tapi ada beberapa hal yang bikin otaku jaman old merasa apes

2

Sedikit masih nyambung dengan postingan dari sosmed GenMilenial di Fanpage Facebook maupun Instagram, bahwa Wibu atau pecinta jejepangan jaman sekarang tidak jarang yang merasakan bagaimana mencintai anime sampai mantengin tipi karena jaman old masih belum ada Youtube. Ada sih, tapi masih sedikit yang ngerti internet. Tapi sebelum itu lihat dulu postingan dari sosmed GenMilenial yang saya maksud. Jangan lupa follow!

Jangan mengaku Weaboo (baca: Wibu) atau Otaku paling pro, paling legend, paling ngerti, paling gemar anime, kalau belum pernah merasakan bagaimana perjuangan menonton anime di era beberapa tahun yang lalu sebelum jejepangan seperti sudah jadi budaya baru di Indonesia.

Tapi buat kalian wibu jaman now yang suka nonton anime di Youtube atau download bajakan, ketahuilah bahwa sebelum kalian suka anime, anime di Indonesia itu sudah banyak sekali beredar di tipi-tipi. Beberapa tahun yang lalu itu banyak stasiun tv di Indonesia yang suka menyiarkan kartun. Bukan seperti sekarang yang hanya Global TV yang diharapkan bisa siarin kartun, paling juga Naruto dan itupun angot-angotan. Kalau dulu

Selain Global TV yang memang sudah sejak dulu suka siarin anime, ada pula Indosiar dan RCTI yang dulu juga suka tayangin anime seperti Ben10 di Indosiar, atau Doraemon di RCTI dan banyak kartun lainnya yang pokoknya sangat menghibur untuk anak jaman old.

Tapi meskipun kartun-kartun dan anime banyak beredar di televisi, pecinta anime yang sekarang sudah senior pasti merasakan bagaimana gak enaknya jadi pecinta anime di jaman dulu sebelum banyak internet. Karena ini apesnya jadi otaku jaman dulu.

1 Udah siap nonton kartun minggu pagi, eh malah ada tinju

Kartun minggu pagi

Otaku zaman old pasti tau kalau dulu itu televisi swasta di Indonesia ketika minggu pagi pasti acaranya penuh dengan kartun. Indosiar dan RCTI adalah televisi paling sering dipantengin kalau pas hari minggu pagi karena disana sampai jam 12 siang ada maraton kartun, artinya dari jam 6 pagi sampai jam 12 siang pasti acaranya kartun, sebelum Patroli.

Tapi yang paling menyedihkan adalah ketika di hari minggu pagi ada pertandingan tinju, itu yang paling bikin bete anak jaman old. Karena mereka harus ngalah dengan bapaknya yang suka nonton tinju. Kalo gak mau ngalah takut disebut anak durhaka. Apalagi kalo yang main tinju Chris John, hampir semua anak-anak gak ada yang nonton kartun karena televisi sudah dikuasai oleh bapak-bapak jaman old.

2 Gara-gara bangun kesiangan, nyeselnya sampai berhari-hari

Kartun minggu pagi

Dulu di Global TV itu kalau nyiarin kartun pagi-pagi banget. Bahkan abis subuh sudah ada kartun The Chalkzone yang menceritakan tentang dunia kapur yang buat anak-anak SD sering menghayal masuk ke dunia kapur, padahal sedang di sekolah lagi coret-coret papan tulis.

The Chalkzone, Dora, dan Spongebob adalah kartun maraton yang hampir setiap hari, di jam yang sangat pagi disiarkan oleh Global TV. Tapi sering juga Naruto ditayangkan pagi hari. Dan itu yang membuat anak-anak sering depresi di sekolahan. Karena ketika bangun sudah jam 6, dan mereka harus berangkat sekolah, mereka tidak bisa menonton kartun kesayangannya, padahal sudah ditunggu cerita selanjutnya. Dan itulah yang membuat kids jaman old merasa bersalah, karena kalau besok nonton pun sudah bingung alur ceritanya.

3 Episodenya sama kayak kemarin

Episodenya sama kayak kemarin

Ketika kita ketinggalan episodenya, pasti kita nyeselnya berhari-hari. Tapi kadang itu yang menyebalkan ketika kita udah siap mantengin tipi, bangun pagi-pagi, gak ngapa-ngapain, ketika kartunnya mulai eh ternyata episodenya sama aja kayak kemarin.

4 Bingung nonton Hamtaro atau Digimon

Digimon vs Hamtaro

Kalau sekarang kartun yang ingin ditonton sudah bisa dicari di internet kapan saja dan dimana saja, tapi berbeda dengan otaku jaman old yang bingung memilih channel tv mana yang harus ditonton, hal itu karena RCTI dan Indosiar di hari minggu pagi pasti maraton kartun dengan waktu yang bersamaan.

Hamtaro (RCTI) dan Digimon (Indosiar) selalu disiarin pada jam yang bersamaan, yakni jam 07.30 WIB. Itulah yang bikin bingung kids jaman old karena keduanya adalah kartun yang sangat menginspirasi. Bahkan saking menginspirasinya sampai ketika ada teman yang bernama ‘Ilham’, pasti namanya diplesetin jadi ‘Hamtaro’.

5 Sering rebutan remote gara-gara Sinchan vs Pokemon

Gambar dari KasKus

Nah ini ketika kalian masih kecil dan kalian juga punya adik, pasti sering rebutan remote gara-gara Sinchan dan Pokemon. Biasanya si kakak, atau anak-anak yang merasa sudah sok gede akan milih nonton Pokemon, karena dirasa lebih menantang, bercerita tentang petualangan, dan bukan kartun lucu-lucuan kayak Sinchan yang dinilai tontonannya anak kecil. Padahal si kakaknya juga masih kecil.

Tapi permasalahan muncul ketika tv di rumah cuma punya 1, pasti akan rebutan remote dan si adik akan nangis kalo kakaknya gak mau ngalah. Dan biasanya akhirnya si kakak yang ngalah karena dijewer oleh ibunya, dan milih nonton di rumah temennya.

6 Ketika nonton Tsubasa malah diajak main bola

Captain Tsubasa

Dulu Tsubasa itu disiarin Global TV sekitar jam 4 sore. Walaupun pas menggiring bola lama banget sampai lapangan jadi melengkung, tapi Captain Tsubasa adalah salah satu anime yang paling digemari, bahkan sampai sekarang banyak yang kangen dengan Tsubasa.

Tapi karena Tsubasa mainnya di sore hari, kita jadi sering tertinggal dengan episodenya. Hal itu karena kids jaman old itu kalau main bola di sore hari pas banget dengan jam dimana Tsubasa tayang. Kadang kita menunda bermain bola sampai tsubasa selesai setengah episode, karena sayang banget jika melewatkan episodenya .Itulah kenapa kita sering kangen dengan Tsubasa meskipun sudah hafal alurnya ceritanya cuma gitu-gitu doang. Karena dulu itu waktu nonton episodenya gak lengkap.

Mungkin beruntungnya anak jaman dulu itu dunia pertelevisian ketika hari minggu full akan menjadi kesukaan bagi anak-anak. Gak seperti sekarang yang tontonan untuk anak-anak semakin jarang. Tapi ambil saja positifnya bahwa sekarang dengan berkembangnya teknologi, anak-anak bisa memilih sendiri tontonan yang sesuai dengan mereka. Karena kids jaman now bisa langsung mencari sendiri kartun kesukaannya di Youtube.

2 Komentar
  1. Tsubasa Ozora

    Remot slalu aku pegang

  2. Nobita Ozora

    Anjir ngakak sumpah… :v Inget jaman-jaman SD

Komentarin Dong :)

Ayo komentar! Demi perkembangan GenMilenial