Bagaikan Tuan Krab di Krusty Krab, BPK Kawal Harta Negara Indonesia

Salah satu tugas Mr.Krab di Krusty Krab juga sama dengan tugas BPK di Indonesia

10

Jika di situs lain ada yang mengulik tentang berapa gaji Spongebob di Krusty Krab, kita kali ini juga tidak jauh-jauh dari kartun Spongebob. Kali ini kita akan mengulik tentang bos Spongebob, yakni Tuan Krab. Pemilik restoran Krusty Krab yang terkenal sangat sayang sekali terhadap duit tersebut, memang dinilai sebagai seorang yang sangat pelit. Tapi sebenarnya di balik itu semua, Tuan Krab memiliki tujuan yang mulia, yakni tidak ingin menghambur-hamburkan uangnya, dan keuangan negara hanya dipakai untuk sesuatu hal yang penting saja. Buktinya saat ia mengeluarkan sejumlah uang, ia akan mencatatnya secara rinci.

Kalau di Indonesia mungkin lembaga yang tugasnya mengawal harta seperti Tuan Krab tersebut adalah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Tapi bedanya kalau Tuan Krab adalah harta pribadi dan harta usaha, kalau tugas BPK kawal harta negara dan memeriksa keuangan negara Republik Indonesia.

Tuan Krab kalau dibilang pelit juga tidak bisa, karena buktinya dia mampu membuat Krabby Patty sebanyak mungkin. Dia juga mampu menggaji dua karyawannya, Spongebob dan Squidward. Bahkan di berbeda episodenya, restoran Krusty Krab sudah sering roboh dan rusak, bahkan pernah juga rusak total, namun tetap saja dibangun lagi seperti awal. Artinya Tuan Krab itu tidak pernah sayang duit kalau untuk biaya operasional. Tugas Tuan Krab adalah untuk mengawal hartanya. Karena kasirnya sendiri bukan dipegang oleh Tuan Krab, melainkan dipercayakan kepada Squidward Tentacle.

Sepercayanya kita kepada seseorang, kita juga harus melakukan pengawalan dan pemeriksaan agar orang tersebut tidak semena-mena menggunakan kewenangan yang sudah kita berikan. Itulah yang juga dilakukan oleh Badan Pemeriksaan Keuangan. Meski pemerintahan dan berbagai lembaga lainnya sudah diberi wewenang untuk mengatur keuangannya, namun BPK juga harus memeriksa dan memastikan tidak terjadi keganjilan disana.

1 Tugas BPK

Badan Pemeriksa Keuangan

Tugas Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) seperti yang disebutkan dalam UU Republik Indonesia Nomor 15 tahun 2006 secara terpisah, yakni pada BAB III bagian satu dan dua adalah.

  1. Pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan yang dilakukan oleh BPK terbatas pada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Bank Indonesia, Lembaga Negara lainnya, BUMN, Badan Layanan Umum, BUMD, dan semua lembaga lainnya yang mengelola keuangan negara.
  2. Pelaksanaan pemeriksaan BPK tersebut dilakukan atas dasar undang-undang tentang pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.
  3. Pemeriksaan yang dilakukan BPK mencakup pemeriksaan kinerja, keuangan, dan pemeriksaan dengan adanya maksud tertentu.
  4. Hasil pemeriksaan yang telah dilakukan oleh BPK harus dibahas sesuai dengan standar pemeriksaan keuangan negara yang berlaku.
  5. Hasil pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara diserahkan kepada DPD, DPR, dan DPRD. Dan juga menyerahkan hasil pemeriksaan secara tertulis kepada Presiden, Gubernur, dan Bupati/Walikota.
  6. Jika terbukti adanya tindakan pidana, maka BPK wajib melapor pada instansi yang berwenang paling lambat 1 bulan sejak diketahui adanya tindakan pidana tersebut.

2 Wewenang BPK

Badan Pemeriksa Keuangan juga memiliki wewenang yang sudah ditetapkan dalam UU Republik Indonesia Nomor 15 tahun 2006 BAB III bagian dua yang diantaranya.

  1. Dalam menjalankan tugasnya, BPK memiliki wewenang untuk menentukan objek pemeriksaan, merencanakan serta melaksanakan pemeriksaan. Penentuan waktu dan metode pemeriksaan serta menyusun maupun menyajikan laporan juga menjadi wewenang dari BPK tersebut.
  2. Semua data, informasi, berkas dan semua hal yang berkaitan dengan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara hanya bersifat sebagai alat untuk bahan pemeriksaan.
  3. BPK juga berwenang dalam memberikan pendapat kepada DPR, DPD, DPRD, dan semua lembaga keuangan negara lain yang diperlukan untuk menunjang sifat pekerjaan BPK.
  4. BPK berwenang memberi nasihat/pendapat berkaitan dengan pertimbangan penyelesaian masalah kerugian negara.

3 Masyarakat Juga Punya Peran

Badan Pemeriksa Keuangan

Meskipun keuangan negara kita sudah diawasi dengan adanya Badan Pemeriksa Keuangan ini, namun masyarakat juga sebaiknya berperan aktif untuk juga ikut andil dalam mengawal harta negara kita. Karena harta sekian triliun yang dimiliki oleh Republik Indonesia saat ini, itu juga merupakan uang kita, karena kita merupakan Warga Negara Indonesia.

Jadi intinya kita tidak perlu was-was keuangan negara kita akan dikorupsi, penyelewengan dana, maupun dan lain sebagainya untuk kepentingan golongan tertetu. Dengan BPK kawal harta negara ini pastinya membuat harta negara kita menjadi lebih jelas, dan ketika ditemukan keganjilan disana, pasti BPK atau bekerjasama dengan lembagi terkait seperti KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) untuk mengusut tentang itu semua.

Perlu diketahui bahwa posisi BPK ini sudah sejajar dengan Presiden. Hal ini berguna agar BPK dapat bekerja secara optimal dalam melakukan tugasnya, dan tidak berada di bawah presure seseorang maupun lembaga tertentu.

10 Komentar
  1. jokoyu

    Ngeri pake perumpamaan kartun. Nice idea

  2. Reza Aditya

    Ini ulasan yang benar-benar menarik dan gampang dicerna… yakni analogi BPK ibarat mr Krab.

    Tapi bedanya, kalau Tuan Krab benar-benar pelit, BPK pelit-nya karena “Sayang” sama negara…

    Dan alhamdulillah-nya, saat ini kita semua (Masyarakat) bisa ikut berpartisipasi bersama BPK dalam mengawal harta negara ^_^

  3. Bacalagers Media

    Gagal fokus gegara krusty krab :3 btw, peran bpk dan masyarakat sangat diperlukan bgt lho untuk mengawal Harta Negara yang terancam ‘disikat’ orang sendiri.

  4. Dewangga Setiawan

    wah menarik dengan perumpamaan kartun favorit anak-anak

    1. Takashi Inui

      Biar anti mainstream. Karena biasanya yang dengan menggunakan perumpamaan itu lebih mudah dicerna, walaupun ini bukan makanan.

  5. Oji Faoji

    Wah nostalgia nih bang Takashi. Ternyata suka kartun Spongebob juga…

    1. Takashi Inui

      Selain suka Spongebob, aku juga suka dia…

  6. Robit Mikrojul Huda

    Nah, aku baru tau masalah Tuan Krab ini. Bisa aja nih yang nulis.

    1. Takashi Inui

      Ayo sembunyikan resep rahasia Krabby Patty agar tidak dicuri Plankton.

      1. DhereNote

        Cakap. mudah dicerna pembahasan yang terbilang sulit ini. Dari perumpaman kartun terasa mudah untuk dicerna. so bacanya juga sambil bayangin. dan bilang “lah iya juga ya”

Komentarin Dong :)

Ayo komentar! Demi perkembangan GenMilenial