Makan Brutu Bikin Pikun, Mitos Zaman Old yang Banyak Versinya

Brutu bukan cuma bikin pikun, tapi bikin menyesal, bahkan bisa bikin kalah kalau berantem.

0

Salah satu mitos zaman old yang selalu melegenda hingga zaman now adalah ketika makan brutu pasti bisa bikin orang menjadi pelupa. Itu sering dikatakan oleh emak kita, terus brutunya kalau gak jadi kita makan, malah dimakan emak kita. Emang emak gak takut jadi pikun?

Oh iya, jadi brutu itu sebenarnya adalah bahasa jawa. Bahasa Indonesianya adalah pantat ayam. Dan bahasa sundanya adalah tungir. Jadi di jawa itu sering ada mitos kalau makan brutu jadi pikun. Gak tau kalau di daerah lainnya seperti apa.

Banyak juga yang percaya tentang mitos yang melegenda ini. Pasti bakal jadi cerita untuk anaknya ketika ingin makan brutu tapi tidak boleh, katanya bikin pikun. Mungkin emak kita juga tau hal itu dari emaknya emak atau nenek kita, dan masih dipercayai sampai sekarang.

Jadi sebenarnya itu benar atau hanya sekedar mitos sih? Yuk mari kita saksikan alasannya dari sisi kedokteran ini.

Brutu menurut kedokteran

Jadi brutu itu dalam bahasa kedokteran disebut dengan nama “Pygostyle”. Intinya adalah pantat, atau bagian belakang dari unggas, bukan Cuma ayam doang, melainkan bebek dan berbagai unggas lainnya, pantatnya disebut dengan Pygostyle dalam bahasa kedokteran, atau brutu dalam bahasa jawa.

Jadi menurut sumber yang GenMilenial dapatkan, brutu itu meskipun mengandung kelenjar penghasil minyak yang sedikit berbahaya apabila kita makan, namun ternyata memiliki cukupbanyak nutrisi dan protein. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Nutrition and Dietaru Studies of America, brutu justru mengandung 11% zat besi dan 8% kalsium. Bahkan ternyata brutu lebih bagus dibandingkan dada ayam yang ternyata hanya mengandung 8% zat besi dan 2% kalsium.

Makan brutu ini adalah hak masing-masing dari setiap orang. Namun jangan terlalu berlebihan memakan brutu karena memiliki kelenjar penghasil minyak yang memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Serta apa saja yang dikonsumsi secara berlebihan itu pasti tidak baik pada akhirnya.

[Infografis kandungan brutu ayam]

Mitos Brutu All Version

Tapi ternyata ada beberapa versi dari mitos tentang brutu atau pantat ayam ini. Jika di beberapa daerah brutu itu menyebabkan pikun, di berbagai daerah lainnya justru brutu itu bisa menyebabkan penyesalan yang tidak berujung. Ada pula yang menyebut kalau brutu itu bisa menyebabkan kekalahan ketika berantem. Meski sebenarnya tidak nyambung, tapi nyatanya mitos tentang brutu tetap berkembang dan bahkan di zaman sekarang masih banyak yang percaya.

Kalau di daerah kalian bagaimana versinya?

Referensi triguritnoid klikdokter

Komentarin Dong :)

Ayo komentar! Demi perkembangan GenMilenial