5 Momen Terbaik Sepak Bola Indonesia yang Cuma Dirasakan Anak Milenial

Dari kedatangan MU sampai mengalahkan oppa-oppa Korea, ada 5 momen terbaik sepak bola Indonesia yang hanya anak milenial yang tau.

0

Anak milenial sering dibilang sebagai generasi yang paling beruntung karena merasakan zaman dimana belum berkembangnya teknologi, hingga zaman setelah teknologi begitu menguasai hidup kita.

Tapi ternyata bukan tentang teknologi saja. Anak-anak generasi millenials juga paling beruntung karena menjadi saksi nyata tentang momen terbaik sepak bola yang pernah berlangsung di Indonesia. Ada dari saat Indonesia menggelar Piala Asia, hingga Indonesia kedatangan Manchester United namun tidak jadi. Apa saja momen terbaik sepakbola yang dirasakan oleh generasi milenial itu?

1 Indonesia masuk Piala Asia dan mengalahkan Bahrain

Momen terbaik sepakbola indonesia
[Gambar: Fourfourtwo.com]
Anak cucu kita jika tidak diceritain mungkin tidak akan tau jika Indonesia pernah tampil di Piala Asia. Itupun karena Indonesia bertindak sebagai salah satu tuan rumah di Piala Asia 2007. Memang saat itu Piala Asia digelar di 4 negara Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Tapi intinya Indonesia pernah masuk Piala Asia dan saat tampil juga gak malu-maluin baget.

Bahkan Indonesia saat itu tampil sangat mengejutkan dengan bisa mengalahkan salah satu tim favorit, yakni Bahrain. Bermain di Gelora Bung Karno pada tanggal 10 Juli 2007, di hadapan 60.000 penonton yang memadati stadion, Indonesia mampu tampil ciamik dan bisa mengalahkan Bahrain dengan skor 2-1. Masa-masa indah itulah yang sangat ngangenin sampai sekarang.

2 Indonesia hampir kedatangan Manchester United

Momen terbaik sepakbola Indonesia
Cuma ilustrasi Indonesia vs Manchester United

Kejadian ini bisa dibilang sebagai momen terbaik, tapi juga bisa sebagai momen terburuk. Pada tahun 2009, Indonesia hampir saja bisa mendatangkan Manchester United, klub terbaik saat itu yang baru saja menjadi juara di Liga Champions Eropa pada tahun kemarinya.

Rencananya akan ada pertandingan antara Indonesia All Star vs Manchester United pada tanggal 20 Juli 2009. Semua sudah bersiap menyambut Manchester United. Bahkan MU juga sudah merencanakan perjalanannya di Indonesia. Panitia pun sudah menyiapkan hotel untuk Manchester United di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan. Tapi sayangnya kejadian yang tidak pernah kita lupakan muncul.

Ada peristiwa bom bunuh diri di dua hotel di kawasan Mega Kuningan. Bom bunuh diri tersebut diledakkan di Hotel Ritz-Carlton, dan Hotel JW Marriot yang lokasinya memang tidak berjauhan. Peristiwa tersebut menewaskan 9 orang, termasuk dua orang pelaku bom bunuh diri itu. Dan karena kejadian itu, Manchester United resmi membatalkan tournya ke Indonesia, dan dinyatakan ‘kapok’ untuk tour ke Indonesia lagi.

3 Indonesia bisa juara Piala AFF, meski U-19

Momen terbaik sepakbola Indonesia
[Gambar: ftb90.com]
Indonesia yang sejak pagelaran pertama Piala AFF belum pernah merasakan bagaimana menjadi juara Piala AFF, akhirnya bisa juga menjadi juara pada tahun 2013. Tapi sayangnya itu dilakukan oleh timnas muda kita, yakni Timnas U-19.

Bermain di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Timnas U-19 yang digawangi oleh Evan Dimas, Muchlis Hadi, Maldini Pali, dan kawan-kawan di pertandingan puncak bisa mengalahkan Vietnam U-19 melalui babak adu penalti dengan skor 7-6. Dan sejak itulah Timnas U-19 mulai digilai oleh masyarakat Indonesia.

4 Bisa mengalahkan Korea Selatan

Momen terbaik sepakbola Indonesia

Masih tentang Timnas U-19 era Evan Dimas dan kawan-kawan, mereka kembali bisa mencatatkan sejarah yang sangat luar biasa. Setelah bisa menjadi juara di Piala AFF U-19, mereka bisa mengalahkan Korea Selatan U-19 di kualifikasi Piala Asia U-19 2014.

Bermain di Gelora Bung Karno pada Oktober 2013, Timnas U-19 yang dilatih oleh Indra Sjafri berhasil mengalahkan tim tangguh Korea Selatan dengan skor tipis 3-2. Evan Dimas menjadi pemain bintang pada pertandingan itu. Dan dengan itu, Indonesia dipastikan lolos ke Piala Asia U-19 2014, meski pada akhirnya di tahun 2014 tidak pernah menang.

5 Indonesia kedatangan Timnas Islandia

Momen terbaik sepakbola indonesia
[Gambar: detikSport]
Nah pada awal tahun 2018 nanti Indonesia akan kedatangan tamu yang sangat terhormat karena merupakan salah satu kontestan di Piala Dunia 2018, yakni Islandia. Lebih hebatnya, Timnas Islandia akan melakukan dua kali pertandingan di Indonesia nanti. Pada tanggal 11 Januari akan melawan Indonesia Selection di Stadion Maguwoharjo Sleman. Dan selanjutnya pada tanggal 14 Januari baru akan melawan Timnas Indonesia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Ini merupakan pertandingan yang sangat bersejarah, karena selain Islandia yang notebene adalah salah satu kontestan Piala Dunia 2018, Islandia juga memiliki jarak yang sangat jauh dari Indonesia. Selain itu cuaca yang berbeda sangat jauh antara Indonesia dan Islandia membuat bisa dibilang Islandia mau ke Indonesia ini adalah perjuangan.

Ada momen lainnya yang menurutmu terbaik? Yuk langsung saja tulis apa momen tersebut di komentar.

Komentarin Dong :)

Ayo komentar! Demi perkembangan GenMilenial